Wine Coffe, Apa Itu? Menteri Erick Thohir Antusias Soal Toba Wine Coffee Produk UMKM Samosir

Selasa, 29 November 2022 11:33 unggulan UMKM Samosir Tao Toba Heritage Fest Toba Wine Coffee berita viral tren minum kopi
Wine Coffe, Apa Itu? Menteri Erick Thohir Antusias Soal Toba Wine Coffee Produk UMKM Samosir
Wine Coffe, Apa Itu? Menteri Erick Thohir Antusias Soal Toba Wine Coffee Produk UMKM Samosir

Foto: Menteri BUMN, Erick Thohir pada saat mengikuti proses Mangalat Horbo di acara Tao Toba Heritage Fest, Lapo Inn, Tomok, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Sabtu (26/11 - 2022) Bisnis.com

 

YUKBIZ.COM, MEDAN – Pernah dengar wine coffe? Produk apakah itu? Bagi yang belum pernah tahu, simak berita mengembirakan tersebut.

Menteri BUMN, Erick Thohir sangat antusias menerima Toba Wine Coffee, wine coffee yang merupakan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Erick Thohir yang sedang mengikuti proses Mangalat Horbo di acara Tao Toba Heritage Fest, Lapo Inn, Tomok kabupaten Samosir, Sabtu (26/11/2022), beberapa kali mengajukan pertanyaan seputar Toba Wine Coffee kepada praktisi pariwisata Sumatera Utara, Renhard Sidabutar yang memberi wine coffee tersebut,

BACA JUGA:

Eeiits Awas, Ini 3 Kesalahan yang Kerap Dilakukan Pengusaha Fashion Lokal

Digital Farming, Upaya Bank Indonesia untuk Tingkatkan Produksi Pangan Strategis 

Toba Wine Coffee adalah produk unggulan UMKM Samosir terbaru yang dibuat dari biji kopi arabica yang hidup di daerah Toba, diproses dengan cara fermentasi selama 40 hari dengan teknik khusus sehingga menghasil rasa khas wine.

Produk ini terwujud dari hasil kerjasama Pemerintahan Kabupaten Serdang Bedagei dengan Pemerintahan Kabupaten Samosir melalui Tim Percepatan Perbangunan kedua belah pihak.

Founder Toba Wine Coffee Sutristo, mengungkapkan, pada 12 September 2022, dirinya bersama Tim Percepatan Pembangunan Serdang Bedagai (TPP Sergai), Ketua Masyarakat Ikan Gabus Indonesia, Yunan Rhedian, Dewan UMKM Sergai Riswan, dan Praktisi Pariwisata Kab. Samosir Renhard Sidabutar melakukan audensi ke Bupati Samosir.

Dari pertemuan ini, dimunculkan ide untuk membuat suatu produk UMKM, yang bisa menjadi ikon dari Samosir.

Menurut Sutristo, Samosir merupakan destinasi pariwisata super prioritas yang mempunyai potensi sangat besar untuk menarik minat wisatawan, untuk itu diperlukan adanya kerja sama dalam menciptakan produk UMKM yang bisa  menjadi ikon dan produk UMKM unggulan dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Samosir.

Berita Terkait