Begal Rekening Beraksi, OJK Paparkan Ini 4 Modusnya

Selasa, 21 Juni 2022 09:50 social engineering begal rekening OJK Riau OJK Otoritas Jasa Keuangan
Begal Rekening Beraksi, OJK Paparkan Ini 4 Modusnya
Begal Rekening Beraksi, OJK Paparkan Ini 4 Modusnya

ILUSTRASI begal rekening (laros id)

YUKBIZ.COM - Waspada! Otoritas Jasa Keuangan merilis empat modus social engineering (soceng) yang sedang marak membegal rekening nasabah perbankan dan lembaga keuangan.  

Social engineering sendiri menurut situs OJK adalah manipulasi psikologis yang dilakukan seseorang dalam mengorek informasi rahasia dan memanfaatkan informasi tersebut untuk kepentingan pihak yang tidak bertanggungjawab.  

Skema yang digunakan dalam social engineering ini antara lain oknum berusaha mengintai atau spying targetnya, kemudian menghubungi target dan berusaha meyakinkan serta menggiring target untuk menyampaikan data pribadi yang sifatnya rahasia. 

Pelaku juga melakukan modus dengan mengirimkan tautan pada email target. 

Tautan tersebut secara otomatis dapat mencuri data pribadi target yang tersimpan dalam gadget apabila diakses. 

"Sobat OJK, dibalik perkembangan teknologi yang memberikan kemudahan bagi masyarakat, terdapat banyak oknum tidak bertanggung jawab yang memanfaatkannya untuk tindak kejahatan, salah satunya melalui social engineering," tulis OJK dalam laman Instagram nya hari ini, Jumat (17/6/2022). 

Otoritas juga menjabarkan empat kejahatan social engineering yang sedang marak, yaitu:  

* Info perubahan tarif transfer bank 

Langkah yang dilakukan melalui social engineering perubahan tarif transfer yakni berpura-pura sebagai pegawai bank dan menyampaikan perubahan tarif transfer kepada korban. 

Penipu kemudian meminta korban mengisi link formulir yang meminta data pribadi seperti PIN, OTP hingga password untuk kemudian menguras isi rekening.  

* Tawaran menjadi nasabah prioritas 

Penipu melakukan social engineering dengan mengincar rekening nasabah kaya melalui penawaran iklan. 

Berita Terkait