Trik Bisnis Anak Muda dan Kisah Nyata Yulia, Ide Bisnis UMKM yang Meyakinkan

Rabu, 03 Agustus 2022 11:15 lokasi bisnis inspirasi bisnis strategi bisnis inspirasi UMKM
Trik Bisnis Anak Muda dan Kisah Nyata Yulia, Ide Bisnis UMKM yang Meyakinkan
Trik Bisnis Anak Muda dan Kisah Nyata Yulia, Ide Bisnis UMKM yang Meyakinkan

ILUSTRASI bisnis

YUKBIZ.COM - Pelaku UMKM di Riau sebaiknya membaca ini. Perkembangan teknologi dan internet yang sangat pesat di Indonesia saat ini membuka peluang bagi siapapun untuk memulai dan mengembangkan bisnis, termasuk bagi anak muda.

Berdasarkan laporan We Are Social 2022, pengguna internet di Indonesia telah mencapai 204,7 juta sehingga semakin banyak masyarakat yang dapat dengan mudah terhubung ke berbagai layanan yang serba digital.

Peluang tersebutlah yang ditangkap oleh Yulia, seorang mahasiswi semester 6 yang sejak 2019 sudah menekuni bisnis berjualan produk digital menggunakan aplikasi Mitra Shopee. 

Yulia Retno Sari yang masih berusia 20 tahun dan berdomisili di Cilandak, Jakarta Selatan ini, sudah tidak asing dengan dunia wirausaha.

Sebelum menekuni bisnis produk digital melalui Mitra Shopee, ia telah lama membantu ibunya di toko sembako dan berbagai kebutuhan sehari-hari yang keluarganya miliki.

Ia pun sudah berpengalaman dalam mencoba berbagai peluang usaha, salah satunya dengan menjadi reseller produk kecantikan di marketplace Shopee hingga saat ini. 

Menurutnya, saat ini berwirausaha tidaklah sulit. Tidak perlu modal uang yang besar, hanya dengan smartphone dalam genggaman ia bisa menjual berbagai produk secara digital.

“Pertama kali saya memahami konsep berbisnis adalah dari ibu saya yang kebetulan memiliki toko sembako yang dijalankan dari rumah. Setelah mencoba beberapa bisnis, saya melihat permintaan terhadap produk digital seperti paket data, pulsa, hingga token listrik semakin besar," sebut Yulia.

Apalagi sejak belanja online semakin diminati, Yulia melihat bahwa animo untuk belanja tak hanya disukai oleh anak muda, tapi juga orang tua.

"Melihat peluang tersebut, saya memutuskan untuk memulai bisnis saya sendiri menggunakan Mitra Shopee. Selain melatih insting berbisnis saya, hasilnya pun lumayan untuk menambah uang saku,” jelas Yulia.

Yulia bercerita, dalam seminggu ia bisa mendapat omzet hingga Rp1,5 juta dari pelanggannya yang berasal dari teman-teman kampus serta tetangga sekitar rumah.

Berkat keaktifannya dalam melakukan promosi, dalam dua tahun usahanya sudah terdengar hingga ke beberapa orang kenalan teman kampusnya.

Berita Terkait