Tips Berkendara Mobil, Cara Pilih BBM yang Paling Cocok Saat Pemakaian Dalam Kota

Senin, 16 Januari 2023 09:44 tips berkendara mobil baru harga BBM di Riau
Tips Berkendara Mobil, Cara Pilih BBM yang Paling Cocok Saat Pemakaian Dalam Kota
Tips Berkendara Mobil, Cara Pilih BBM yang Paling Cocok Saat Pemakaian Dalam Kota

ILUSTRASI menyetir mobil (shutterstock)

YUKBIZ.COM - Pengguna mobil sebaiknya memperhatikan tips berkendara berikut ini.

Pemakaian mobil dengan rute dalam kota memang identik dengan konsumsi bahan bakar yang lebih boros daripada luar kota. 

Hal itu disebabkan jarak tempuh lebih pendek, sehingga rata-rata konsumsi bahan bakar minyak (BBM) menjadi lebih boros. 

Bagaimana tips memilih BBM yang benar?

Seperti yang diketahui, perhitungan konsumsi BBM suatu kendaraan dihitung berdasarkan banyaknya jumlah bahan bakar yang digunakan untuk menempuh jarak tertentu.  

Untuk mengantisipasi borosnya konsumsi bahan bakar mobil untuk pemakaian dalam kota, apakah ada rekomendasi bahan bakar tertentu? 

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan untuk mengantisipasi borosnya konsumsi bahan bakar pada mobil dengan rute dalam kota, sebaiknya mengikuti anjuran dari pabrikan. 

“Sebaiknya mengikuti saran dari pabrikan, dengan demikian bahan bakar yang digunakan menjadi paling ideal untuk suatu mobil, pastinya hal itu sudah diperhitungkan baik pemakaian dalam kota maupun luar kota,” ucap Didi. 

Dia mengatakan dengan bahan bakar yang sesuai serta menerapkan perilaku mengemudi yang efisien maka konsumsi bahan bakar untuk berkendara mobil di dalam kota akan menjadi lebih hemat bahan bakar. 

Sementara itu, Foreman Nissan Bintaro Ibrohim juga mengatakan hal yang sama. 

Menurut dia jenis bahan bakar yang paling ideal digunakan untuk mobil pemakaian dalam kota adalah yang sesuai rekomendasi di buku servis.

“Jenis bahan bakar yang paling bagus untuk mobil pemakaian rute dalam kota ya yang sesuai dengan spesifikasi mobil, biasanya tercantum di buku panduan servis, perlu juga diimbangi dengan cara mengemudi yang ekonomis,” ucap Ibrohim. 

Berita Terkait