Resiko Telat Mengganti Oli Motor

Kamis, 29 Desember 2022 12:51 Startup
Resiko Telat Mengganti Oli Motor
Resiko Telat Mengganti Oli Motor

YUKBOZ.COM, PEKANBARU - Oli harus rutin secara berkala diganti supaya tak menyebabkan kerusakan pada motor kesayangan Brosis. Oli yang lama tak diganti akan berwarna hitam, sehingga menimbulkan kerak. Oli akan melumasi mesin, memuluskan gesekan antar komponen. Oli pun menyerap panas dari gesekan itu. Selama penggunaan kendaraan, daya melumasi pun menurun. Risiko fatal sering telat mengganti oli mengakibatkan kerusakan mesin yang mengakibatkan laju motor akan berat. Hal itu, karena kinerja mesin menjadi kasar.

Brosis juga harus mengetahui hitungan jarak tempuh motor atau waktu yang tepat untuk mengganti oli. Penggantian oli motor biasanya setiap 3.000 kilometer hingga 4.000 kilometer. berikut beberapa masalah yang akan muncul jika telat mengganti oli :

• Knalpot mengeluarkan asap putih

Asap putih itu tersebab oli masuk di bagian celah piston dan blok silinder yang lecet dari Mesin Motor Brosis. Kalau kebocoran itu terjadi, maka perlu mengganti komponen mesin motor yang rusak, dan harganya juga cukup tinggi lho Brosis

• Biaya memperbaiki Cukup Tinggi 

Yah kalau udah bongkar mesin, biayanya Cukup tinggi ya Brosis, selain itu Brosis gak bisa pakai motornya selama beberapa hari. Rugi kan???

• Mesin akan cepat panas

Oli juga berfungsi menyerap panas yang muncul karena gesekan mesin. Kondisi terlalu panas (overheating) kalau sering telat mengganti oli. Kerusakan karena panas ini akan mempengaruhi komponen bagian atas silinder menjadi melengkung. Kepala silinder yang melengkung tidak bisa diperbaiki selain harus diganti. 

Penggunaan bahan bakar makin boros  

Risiko telat mengganti oli motor menyebabkann boros bahan bakar yang akan merugikan pengeluaran. Konsumsi bahan bakar akan melebihi batas normal. Laju kendaraan tidak akan cepat sesuai dengan bahan bakar yang digunakan. 

• Mengurangi kenyamanan berkendara

Nah dari point diatas semua, akan menimbulkan kurangnya kenyamanan dalam berkendara. Karena kuraangnya tenaga motor Brosis, lebih boros, dan berasap akan membuat Brosis tidak nyaman saat dijalanan. Jadi jangan malas ganti oli ya brosis.

Berita Terkait