Prediksi Harga Pertamax di Pasaran April 2022 Diramal Tembus Rp 16.000

Sabtu, 26 Maret 2022 12:58 BBM nonsubsidi Kementerian ESDM produksi Pertamax RON 92 BBM jenis premium
Prediksi Harga Pertamax di Pasaran April 2022 Diramal Tembus Rp 16.000
Prediksi Harga Pertamax di Pasaran April 2022 Diramal Tembus Rp 16.000

ILUSTRASI Pertamax Turbo (CNBC/Tri Susilo)

YUKBIZ.COM - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memprediksi harga keekonomian atau batas atas Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis RON 92 atau Pertamax pada April mendatang dapat tembus mencapai Rp 16.000 per liter.

Hal tersebut dengan mempertimbangkan harga minyak mentah dunia yang terus mengalami kenaikan saat ini.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerjasama Agung Pribadi mengatakan dengan mempertimbangkan harga minyak bulan Maret yang jauh lebih tinggi dibanding Februari. 

Maka pemerintah memprediksi harga keekonomian BBM umum RON 92 alias Pertamax April akan lebih tinggi lagi dari Rp 14.526 per liter.

"Bisa jadi sekitar Rp 16.000 per liter. Jadi sebagaimana yang telah disampaikan oleh Bapak Menteri ESDM, saat ini kita masih mencermati harga minyak ini, karena kalau berkepanjangan memang bebannya berat juga baik ke APBN, Pertamina dan sektor lainnya," ujar Agung dalam keterangan tertulis, Jumat (25/3).

Adapun hingga akhir Maret 2022 ini, harga minyak dunia masih berada di atas US$ 100 per barel, demikian halnya dengan harga minyak mentah Indonesia atau Indonesia Crude Price (ICP). Perkembangan sementara ICP bulan Maret 2022 per tanggal 24 tercatat sebesar US$ 114,55 per barel.

Menurut Agung konflik Ukraina dan Rusia masih menjadi faktor yang mendorong kenaikan harga. 

Pasokan minyak mentah dari Rusia dan Kazakhstan terganggu akibat kerusakan pipa Caspian Pipeline Consortium yang berdampak pada berkurangnya pasokan ke Uni Eropa.

Agung menilai tingginya harga minyak dunia saat ini sangat berpengaruh terhadap harga BBM. 

Sebagai informasi bahwa batas atas harga jual jenis BBM umum RON 92 untuk Maret 2022 sebesar Rp 14.526 per liter.

Harga tersebut merupakan cerminan dari harga keekonomian BBM RON 92 berdasarkan formula harga dasar dalam perhitungan harga jual eceran jenis BBM Umum. (CNBC/pgr/pgr)

BACA JUGA: Eps 4 Raja Sawit RI: Keringat Eka Tjipta Jadi Kerajaan Sawit-Migor

Berita Terkait