Pemerintah Luncurkan 100 Paket Wisata Nusantara Jelang Natal dan Tahun Baru

Selasa, 06 Desember 2022 10:12 wisatawan luar negeri wisman wisatawan nusantara wisnus 100 Paket Wisata Nusantara destinasi wisata Borobudur Pariwisata Indonesia
Pemerintah Luncurkan 100 Paket Wisata Nusantara Jelang Natal dan Tahun Baru
Pemerintah Luncurkan 100 Paket Wisata Nusantara Jelang Natal dan Tahun Baru

Ilustrasi foto pengunjung Candi Borobudur menjelang masa liburan sekolah, dari rata-rata 6.000 pengunjung menjadi lebih dari 16.000 pengunjung per hari. Kompas/Ferganata Indra Riatmoko

 

YUKBIZ,COM, JAKARTA – Mau liburan akir tahun? Tunggu, baca dulu info berikut ini.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) meluncurkan 100 Paket Wisata Nusantara (Pak Wisnu) guna mendorong target 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) pada 2023.

"Menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi (soal) bagaimana agar kita berwisata di Indonesia aja, kami berkoordinasi dengan 34 provinsi dan masing-masing mengirimkan tiga paket wisata terbaiknya, untuk menambah wisata liburan Nataru (Natal 2022 dan tahun baru 2023)," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing, Senin (5/12/2022).

BACA JUGA:

Loka Coffee, Usaha Kopi Sembalun yang Dirintis oleh Seorang Guru Honorer

Wardah Pelopori Produk Kosmetik Halal. Gelar Beauty Demo di Pesantren MA Darul Hikmah Pekanbaru

Ia mengatakan, dari 1,4 miliar target pergerakan wisnus itu, 80 persen di antaranya berpusat di Pulau Jawa, khususnya Jawa Tengah, ditambah dengan adanya destinasi pariwisata super prioritas Candi Borobudur.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) juga turut berpartisipasi dengan mengirim tiga paket wisata unggulan yakni Private Trip Mount Lawu, Paket Wisata One day Tour SOLO Jeep, serta Paket Wisata Ziarah Wali Songo.

"Senang saya diajak diskusi dan mempromosikan tiga paket wisata dari masing-masing provinsi," ujar Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam kesempatan serupa.

Ganjar juga memastikan Jateng akan berkolaborasi dengan daerah lain, termasuk dalam mempromosikan paket wisata religi, ziarah ke makam para sunan.

"Tentu kita tidak stand alone (bekerja sendiri), Jateng juga berkolaborasi dengan tempat lain. Maka tadi kita tawarkan, terutama religi, makam para sunan. Mulai dari Cirebon, Jawa Tengah, sampai Jawa Timur satu paket," terang Ganjar.

Berita Terkait