Pemda Seharusnya Bisa Gandeng Swasta untuk Ikut Mendanai Infrastruktur Dasar Daerah

Jum'at, 29 Oktober 2021 11:42 pembangunan daerah fiskah APBN infrastruktur dasar daerah
Pemda Seharusnya Bisa Gandeng Swasta untuk Ikut Mendanai Infrastruktur Dasar Daerah
Pemda Seharusnya Bisa Gandeng Swasta untuk Ikut Mendanai Infrastruktur Dasar Daerah

 

 

YUKBIZ.COM, PALEMBANG – Kemauan dan kemampuan para investor untuk masuk ke suatu daerah tentu menjadi harapan banyak pihak.

Saat ini, pemerintah juga tengah mendorong keterlibatan investasi swasta untuk membangun infrastruktur dasar di daerah lantaran kemampuan fiskal APBN maupun APBD yang terbatas.

Direktur Perencanaan Infrastruktur Kementerian Investasi/BKPM Moris Nuaimi saat menghadiri Forum Bisnis Investasi Infrada Sumsel 2021, di Palembang, Kamis (28/10/2021), mengatakan pemerintah daerah bisa mengemas potensi dan peluang investasi yang dapat menarik minat investor.

BACA JUGA:

*Mantap, Sabut Kelapa Disulap Jadi Komponen Otomotif

Hari Ini Jumat (29/10) Mata Uang Asia Menguat, Rupiah Juga Makin "Ngegas"

“Pemda harus mulai memikirkan mana aktivitas [pembangunan] yang bisa bekerjasama dengan swasta, termasuk infrastruktur dasar,” katanya.

Dia memaparkan investasi di bidang infrastruktur dasar itu mencakup, yakni jalan, jembatan, air minum, listrik dan lainnya.

Moris mengemukakan, saat ini skala prioritas untuk pendanaan yang bersumber dari APBN maupun APBD diarahkan untuk perlindungan sosial dan pemulihan ekonomi, alih-alih pembangunan infrastruktur.

Hal itu tidak terlepas dari kondisi pandemi Covid-19 yang masih melanda Tanah Air.

Sehingga, kata dia, pemerintah telah menyiapkan skema kerja sama dengan swasta, yakni melalui Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Berita Terkait