PREDIKSI Suku Bunga Acuan Bank Indonesia Bakal Naik Hingga Akhir Tahun, Ini Akibatnya

Selasa, 20 September 2022 11:02 Bank Indonesia suku bunga Bank Indonesia suku bunga acuan perekonomian masa depan perekonomian Riau
PREDIKSI Suku Bunga Acuan Bank Indonesia Bakal Naik Hingga Akhir Tahun, Ini Akibatnya
PREDIKSI Suku Bunga Acuan Bank Indonesia Bakal Naik Hingga Akhir Tahun, Ini Akibatnya

ILUSTRASI suku bunga Bank Indonesia (sindonews)

YUKBIZ.COM - Saat ini, suku bunga Bank Indonesia tengah naik.

Ekonom memprediksi Bank Indonesia (BI) akan mengerek suku bunga acuan hingga akhir tahun. 

Tak hanya karena faktor domestik, hal tersebut juga merespons situasi global.

Kepala Ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual dan Kepala Ekonom Bank Permata Josua Pardede memperkirakan, bank sentral akan mengerek suku bunga acuannya sebesar 25 basis poin (bps) pada bulan September 2022 menjadi 4%.

Selain itu BI diperkirakan kembali mengerek bunga acuannya masing-masing 25 basis poin pada Oktober, November, dan Desember 2022. Alhasil, suku bunga acuan akhir tahun berada di level 4,75%.

Pertimbangan kenaikan dari sisi domestik, kenaikan suku bunga seiring tekanan inflasi di dalam negeri. 

David mengimbau, BI mencermati pergerakan inflasi tinggi September di atas 1% karena kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). "Jadi akan ada peningkatan inflasi, seperti biaya transportasi. Dan belum nanti dampak lanjutan, yang bisa saja banyak peningkatan harga lain," kata David kepada KONTAN, Minggu (18/9).

Josua Pardede menambahkan, naiknya suku bunga acuan juga karena potensi kenaikan suku bunga acuan The Fed yang diyakini mencapai kisaran 75 bps hingga 100 bps. 

Ini akan membuat ketidakpastian terhadap pergerakan nilai tukar rupiah.

Namun, Josua percaya BI masih tetap akan bisa menjaga stabilitas rupiah dengan masih tambunnya cadangan devisa dan berbagai langkah intervensi yang akan disiapkan.

Kepala Ekonom Danareksa Research Institute Rima Prama Artha meyakini peningkatan suku bunga acuan ini bukan yang terakhir kalinya. 

Ada peluang BI akan mengerek kembali suku bunga acuan di sisa tahun 2022.

Berita Terkait