Kurs Rupiah di Akhir Pekan Menguat Setelah Tembus Rp 15.000

Sabtu, 09 Juli 2022 06:16 kurs Rupiah Dolar AS nilai tukar Rupiah
Kurs Rupiah di Akhir Pekan Menguat Setelah Tembus Rp 15.000
Kurs Rupiah di Akhir Pekan Menguat Setelah Tembus Rp 15.000

ILUSTRASI Rupiah (sindonews eko putranto)

YUKBIZ.COM - Pada perdagangan Jumat (8/7), rupiah spot menguat 0,15% ke level Rp 14.979 per dolar Amerika Serikat (AS). Namun, dalam sepekan terakhir, rupiah di pasar spot melemah 0,24%.

Kurs referensi Jisdor Bank Indonesia (BI) pun menguat 0,03% ke Rp 14.981 per dolar AS pada perdagangan kemarin. Walau begitu, dalam sepekan rupiah Jisdor justru melemah  0,17%.

Kepala Ekonom Bank Permata Josua Pardede menilai, penguatan rupiah didorong oleh penguatan risk-appetite dari investor. Hal ini sejalan dengan langkah pemerintah Tiongkok mempertimbangkan pemberian stimulus untuk pembiayaan infrastruktur. 

“Penguatan rupiah juga didukung oleh proyeksi dari inflasi AS yang mulai turun sejalan dengan melonggarnya pasar tenaga kerja di AS,” kata Josua kepada Kontan.co.id, Jumat (8/7)

Hanya saja, dalam sepekan terakhir, kondisi pasar justru masih diselimuti oleh kekhawatiran investor. Josua menyebut kekhawatiran terkait dengan interest rate differential yang semakin mengecil akibat kebijakan hawkish dari The Fed. Tak pelak, pada periode tersebut, rupiah mencatatkan pelemahan.

Dia melihat pergerakan rupiah pekan depan akan dipengaruhi oleh rilis data ketenagakerjaan AS yang dirilis nanti malam. Rupiah juga dipengaruhi oleh rilis data inflasi pekan depan, yang bisa jadi pertimbangan seberapa besar tanda dari resesi AS dan efektivitas kebijakan moneter Fed pada inflasi. 

“Rupiah diperkirakan masih cenderung bergerak menguat atau melemah terbatas di kisaran Rp 14.900-Rp 15.050 per dolar AS,” pungkas Josua. (KONTAN)

BACA JUGA: Diskon Rp 500 Khusus Pembelian Yamaha Gea

BACA JUGA: Resep Rendang Idul Adha 2022, Edisi Khusus Pakai Lengkuas

BACA JUGA: Menteri Keuangan Sri Mulyani Jelaskan Soal Rupiah Tembus Rp 15.000 Per Dolar AS dan Kondisi Ekonomi

TONTON VIDEO MOTIVASI Falsafah Jawa: Alon-alon Waton Kelakon. Maknanya Dalem Banget, Bukan Asal Pelan. Tapi....

Berita Terkait