Kompor Listrik Vs Kompor Gas Boros Mana? Simak Data-data Hitungannya

Kamis, 22 September 2022 12:19 kompor gas kompor listrik kompor induksi
Kompor Listrik Vs Kompor Gas Boros Mana? Simak Data-data Hitungannya
Kompor Listrik Vs Kompor Gas Boros Mana? Simak Data-data Hitungannya

ILUSTRASI kompor listrik (PLN)

YUKBIZ.COM - Anda harus mengetahui tentang data kompor listrik vs kompor gas berikut ini.

Pemerintah tengah gencar-gencarnya mengampanyekan konversi penggunaan kompor berbahan bakar elpiji diganti dengan kompor listrik, termasuk kompor induksi.

Pemerintah bahkan akan membagi-bagikan secara gratis paket lengkap kompor listrik seharga Rp 1,8 juta untuk ratusan ribu kepala keluarga dalam program tersebut.

Jika berhasil, program konversi kompor listrik ini juga diharapkan bisa jadi solusi masalah kerugian PLN akibat kelebihan pasokan atau oversupply listrik PLN, terutama untuk jaringan Jawa-Bali, seiring banyaknya pembangkit baru yang terus dibangun.

Sementara secara terpisah, PLN sendiri juga giat mengampanyekan konversi kompor listrik. 

Setelah Solo dan Denpasar, DKI Jakarta akan menjadi sasaran pilot project konversi elpiji 3 kg ke kompor induksi berikutnya.

Lebih boros biaya kompor listrik atau elpiji?

Jika merujuk pada klaim PLN, biaya kompor listrik dengan menggunakan kompor induksi bisa saja lebih hemat daripada gas elpiji. 

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, salah satu kelebihan memasak dengan menggunakan kompor induksi lebih hemat dibandingkan dengan menggunakan kompor elpiji 3 kg. 

Adapun penghematan energi yang diperoleh yakni kisaran 10-15 persen.

“Menggunakan kompor induksi biaya memasaknya bisa lebih hemat 10-15 persen,” kata Darmawan dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VII DPR RI pada 14 September 2022, dikutip pada Kamis (22/9/2022).

Darmawan memerinci, harga keekonomian dari elpiji 3 kg tanpa subsidi adalah Rp 19.698 per kg. 

Berita Terkait