Kisah BUMDes Seminai Jaya di Kabupaten Siak Punya Aset Rp22 Miliar, Desa BRILian Terbaik

Senin, 23 Januari 2023 11:49 BUMDes Seminai Jaya BUMDes di Kabupaten Siak Kabupaten Siak
Kisah BUMDes Seminai Jaya di Kabupaten Siak Punya Aset Rp22 Miliar, Desa BRILian Terbaik
Kisah BUMDes Seminai Jaya di Kabupaten Siak Punya Aset Rp22 Miliar, Desa BRILian Terbaik

FOTO Desa Seminai Kabupaten Siak, Provinsi Riau terpilih sebagai Desa BRIlian terbaik 2022 dari BRI Cabang Perawang Regional Pekanbaru. (Istimewa)

YUKBIZ.COM--Kisah menarik Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Seminai Jaya di Desa Seminai, Kecamatan Kerinci Kanan Kabupaten Siak, Riau.

BUMDes Seminai Jaya sudah menjalankan banyak perannya dalam menggerakkan aktifitas perekonomian setempat. 

Berkat kinerja positif itu, Desa Seminai terpilih sebagai Desa BRIlian terbaik 2022 di BRI Cabang Perawang Regional Pekanbaru. 

Kepala Desa Seminai, Zaenudin menceritakan bagaimana awal mula Bumdes itu bisa meraih beragam prestasi, hingga kini bisa memiliki aset mencapai Rp22 miliar. 

"Kami memulai Bumdes Seminai Jaya ini di 2008 dari kucuran dana hibah senilai Rp500 juta, kemudian terus berkembang ada juga penyertaan modal desa dan dari provinsi hampir Rp400 juta lebih," ujarnya Jumat (20/1/2023). 

Kemudian dulunya sebelum menjadi Bumdes, lembaga ini masih berbentuk Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam (UED-SP), namun dulunya masih pelayanan pinjam saja belum ada simpan. 

Barulah pada 2015 dibuka layanan simpan. 

Sebelum periode itu, pengurus mencari modal untuk penyaluran pinjaman dengan cara mencari dukungan perbankan, dan terkumpul sekitar Rp1,4 miliar sejak 2011 sampai 2015 dengan penyaluran dana sebanyak 4 tahapan dari sejumlah bank-bank pelat merah termasuk Bank BRI. 

Pada 2016, pengurus mulai fokus menggarap segmen simpanan atau tabungan masyarakat hingga sekarang jumlah DPK tabungan ini sudah menyentuh level Rp17 miliar, hingga laporan terakhir menyatakan aset Bumdes Seminai Jaya sudah berada di angka Rp22 miliar. 

"Dari data kami sejak masih berbentuk UED-SP sampai saat ini, perputaran uang di Bumdes Seminai Jaya sudah mencapai Rp62 miliar. Ini juga berkat adanya dukungan dari Bank BRI dan layanan BRILinknya," ungkapnya.

Bumdes Seminai Jaya menurutnya punya beberapa unit bisnis, mulai dari simpan pinjam, layanan pengisian saldo BRILink, Pamsimas, pembiayaan elektronik dan rumah tangga, hingga yang terbaru adalah toko bangunan.

Tahun lalu, Bumdes itu mencatatkan laba bersih hingga Rp1,1 miliar dan bisa menyelenggarakan kegiatan bagi-bagi hadiah doorprize kepada nasabahnya dari dana sisa hasil usaha (SHU) yang nilai total hadiahnya sampai Rp470 jutaan. 

Berita Terkait