Keren, UMKM Pekanbaru Ini Catat Peningkatan Transaksi hingga 8 Kali Lipat dari Tokopedia

Rabu, 24 November 2021 12:46 Tokopedia jualan online UMKM
Keren, UMKM Pekanbaru Ini Catat Peningkatan Transaksi hingga 8 Kali Lipat dari Tokopedia
Keren, UMKM Pekanbaru Ini Catat Peningkatan Transaksi hingga 8 Kali Lipat dari Tokopedia

ILUSTRASI market digital

YUKBIZ.COM - Peluang harus dimanfaatkan. Adaptasi digital menjadi salah satu upaya yang dapat dilakukan UMKM lokal di berbagai daerah di Indonesia untuk dapat terus berkembang. 

Keberadaan marketplace seperti Tokopedia yang terus menghadirkan berbagai inisiatif pendukung juga menjadi jalan terang bagi pelaku UMKM lokal untuk dapat meningkatkan penjualan dan melebarkan sayap usaha yang dijalani.

Manfaat positif ini pun turut dirasakan oleh Leni Snacks, salah satu UMKM makanan ringan asal Pekanbaru. 

Leni, pemilik Leni Snacks mengungkapkan bahwa berkat inisiatif turunan Hyperlocal Tokopedia, yaitu program Kumpulan Toko Pilihan (KTP), usaha miliknya berhasil mengalami peningkatan transaksi.

“Bahkan kami mampu mengirim hingga 600 pesanan setiap bulannya,” beber Leni.

Tak hanya meningkatkan pendapatan usaha, peningkatan transaksi karena mengikuti program KTP ini juga membuatnya bisa turut memberdayakan masyarakat sekitar seperti para ibu rumah tangga di sekitar tempat tinggalnya.

“Kami memberdayakan para ibu di sekitar tempat tinggal yang membutuhkan pekerjaan agar dapat membantu memulihkan perekonomian keluarga mereka. Kami memanfaatkan bahan baku, seperti singkong dan kentang, dari petani lokal,” jelas Leni.

Diluncurkan pada pertengahan 2020 lalu, Head of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Trian Nugroho mengungkapkan, inisiatif Hyperlocal Tokopedia terus mendorong pemerataan ekonomi digital di berbagai daerah, termasuk Pekanbaru.

“Kategori Kesehatan dan Perawatan Diri, Elektronik, Rumah Tangga, HP dan Gadget, serta Olahraga dan Hobi menjadi beberapa kategori paling favorit di Pekanbaru selama kuartal III 2021,” jelas Trian

“Tokopedia berharap inisiatif seperti ini bisa membuat UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama dalam mengembangkan usahanya,” jelas Trian.

Dukung UMKM berkembang dan mudahkan masyarakat penuhi kebutuhan

Selain mempermudah UMKM lokal untuk terus berkembang, berbagai inisiatif turunan Hyperlocal juga turut membantu masyarakat secara umum dalam memenuhi kebutuhan. Salah satunya melalui Waktu Indonesia Belanja (WIB) Lokal yang rutin diadakan setiap tanggal 25 hingga akhir setiap bulan.

Berita Terkait