Kementan Dorong Fasilitasi KUR Rp 70 Triliun untuk Kembangkan Pertanian Tanah Air

Kamis, 15 Juli 2021 07:01 pertanian Indonesia Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo program KUR pertanian
Kementan Dorong Fasilitasi KUR Rp 70 Triliun untuk Kembangkan Pertanian Tanah Air
Kementan Dorong Fasilitasi KUR Rp 70 Triliun untuk Kembangkan Pertanian Tanah Air

Mentan Syahrul Yasin Limpo saat tinjau kebun porang milik Kelompok Tani 'Semangat Millenial' di Desa Talumae, Kabupaten Sidrap, Sabtu (5/06/2021).(DOK HUMAS KEMENTAN)

 

YUKBIZ.COM, SIDRAP – Untuk mengembangkan sektor pertanian Indonesia, pemerintah akan mendorong pemanfaatan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, Kementerian Pertanian (Kementan) akan mendorong pemanfaatan KUR untuk mengembangkan sektor pertanian Tanah Air.

“Kementan memfasilitasi program KUR pertanian dengan pagu alokasi anggaran untuk sektor pertanian sebesar kurang lebih Rp 70 triliun pada 2021,” ujar Mentan SYL dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (14/7/2021).

BACA JUGA:

Presiden Jokowi Pilih Sapi Asal Bengkalis sebagai Hewan Kurban bagi Warga Riau. Bagus Santoso: Bengkalis Potensial untuk Ternak

710 Kader Posyandu Siak Dapat Perlindungan dari BP Jamsostek Siak

Menurutnya, anggaran yang besar tersebut dapat digunakan masyarakat yang memiliki kemauan dan semangat tinggi untuk berkarya di dunia usaha tani.

Mentan mengatakan, pihaknya tidak lagi menggunakan pendekatan dengan pola bantuan bagi masyarakat.

“Kita mau melatih petani menggunakan sisi intelektualnya. Kerja dan berpikir keras untuk kemajuan pertanian Indonesia seperti pemanfaatan skema program KUR,” tutur Mentan SYL.

Sebagai informasi, pemanfaatan KUR telah diperkenalkan kepada Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI).

Bersama FKPPI, Kementan akan melakukan sejumlah pelatihan dalam rangka melahirkan petani baru di Indonesia.

Berita Terkait