Kabar Gembira dari Gapki, Riau akan Dapat Jatah Program Satu Juta Vaksin

Selasa, 21 September 2021 03:23 Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia Gapki Syamsuar Gubernur Riau vaksin COVID-19
Kabar Gembira dari Gapki, Riau akan Dapat Jatah Program Satu Juta Vaksin
Kabar Gembira dari Gapki, Riau akan Dapat Jatah Program Satu Juta Vaksin

ILUSTRASI vaksin Covid-19 (rdk.fidkom.uinjkt.ac.id)

YUKBIZ .COM, PEKANBARU - Vaksinasi Covid-19 sedang gencar-gencarnya. Kali ini, Pemerintah Provinsi Riau menyatakan akan mendapatkan bagian dari program Satu Juta Vaksin yang dijalankan oleh Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit (Gapki) pusat.

Gubernur Riau Syamsuar menjelaskan pihaknya saat ini sedang menunggu pengiriman bantuan vaksin tersebut oleh Gapki, setelah kegiatan peresmian yang digelar dalam waktu dekat.

"Insya Allah ada penambahan vaksin. Kami berusaha mendapatkan bantuan vaksin melalui Gapki. Mudah-mudahan jika tidak ada halangan, laporan yang saya terima dua hari lalu, nanti pada 24 September 2021 programnya akan diluncurkan oleh Presiden," ujarnya Senin (20/9/2021).

Dia merincikan program Satu Juta Vaksin Gapki diberikan dalam rangka membantu para karyawan, keluarga karyawan, petani dan masyarakat yang ada di perkebunan kelapa sawit, termasuk di Provinsi Riau.

Menurutnya program ini memang disiapkan pemerintah pusat untuk membantu pelaksanaan program vaksinasi di wilayah perkebunan sawit khususnya di Riau dan Sumatra Utara, yang memang memiliki lahan sawit cukup luas.

Selain untuk para pekerja kelapa sawit, dia juga berharap para pelajar yang tinggal di sekitar areal perkebunan dan anak pekerja kelapa sawit juga mendapatkan prioritas pada program vaksinasi tersebut.

"Dari alokasi satu juta vaksin ini selain untuk pekerja perkebunan serta petani sawit, juga diharapkan bisa diprioritaskan untuk pelajar yang berada di kawasan perkebunan sawit," ujarnya.

Sebelumnya Dinas Kesehatan Provinsi Riau mencatatkan realisasi program vaksinasi Covid-19 masih jauh di bawah 50 persen, yakni hanya 25,2 persen.

Adapun jumlah masyarakat Riau yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19 pertama masih 1,12 juta jiwa.

Sedangkan, jumlah dosis kedua jumlah penerima vaksin covid telah mencapai 17 persen atau sebanyak 747.544 jiwa.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir mengatakan bahwa Riau menargetkan 70 persen penduduk atau sebanyak 4,47 juta jiwa divaksin covid.

Dia memaparkan saat ini pemprov bersama pihak terkait terus melakukan program vaksinasi di tengah masyarakat secara masif.

Berita Terkait