INFO PUASA 3 Jenis Kurma Berdasarkan Teksturnya, Dari Segar Hingga Basah, Pilih Mana

Sabtu, 02 April 2022 11:12 menu sahur menu buka puasa sahur buka puasa jenis kurma Bulan Ramadan
INFO PUASA 3 Jenis Kurma Berdasarkan Teksturnya, Dari Segar Hingga Basah, Pilih Mana
INFO PUASA 3 Jenis Kurma Berdasarkan Teksturnya, Dari Segar Hingga Basah, Pilih Mana

ILUSTRASI kurma (SHUTTERSTOCK/BRENT HOFACKER)

YUKBIZ.COM - Perlu Anda ketahui, ada banyak jenis kurma yang bisa kamu temukan di pasaran, seperti kurma ajwa, kurma sukkari, dan kurma medjool. 

Jika dilihat dari teksturnya, menurut Executive Chef Luminor Hotel Pecenongan Dedi Tjahyadi, hanya ada tiga macam kurma yaitu kurma segar, basah, dan kering. 

Selengkapnya, simak tiga macam kurma berdasarkan teksturnya, seperti dijelaskan Dedi kepada Kompas.com, Selasa (29/3/2022) berikut ini. 

1. Kurma segar 

Dedi mengatakan, kurma segar merupakan jenis kurma yang baru dipetik dan langsung dijual. "Kayak kalau di kita itu pas musim rambutan, dipetik, terus langsung kita makan gitu," kata Dedi. Tekstur kurma segar mirip dengan kurma basah tetapi lebih garing. Sementara cita rasanya manis di awal dan sepat saat di akhir. 

2. Kurma basah 

Kurma basah merupakan jenis kurma segar yang disimpan selama beberapa hari terlebih dahulu, lalu dijual dan dikonsumsi. "Kalau yang basah memang sudah matang, sudah masanya tetapi kurmanya itu (disimpan) lima hari setelah dipetik," ujar Dedi. Selama waktu tersebut, menurut Dedi, kurma basah harus disimpan di freezer untuk menjaga kelembapan dan memberhentikan pemasakannya secara alami. 

3. Kurma kering 

Dedi mengatakan, kurma kering merupakan jenis kurma yang paling mudah ditemukan di pasaran. Sama seperti namanya, tekstur kurma ini kering. Hal ini disebabkan oleh jumlah kadar air dalam kurma kering yang sedikit. Meski begitu, Dedi mengatakan bahwa hampir semua jenis kurma kering memiliki rasa yang manis sehingga sangat cocok dijadikan pilihan saat berbelanja kurma.

Sumber Kompas.com dengan judul "3 Jenis Kurma Berdasarkan Teksturnya, Ada yang Segar dan Basah"

BACA JUGA: Aparthouse, Tren Masyarakat Urban Terkini di Tengah Lahan Kota yang Terbatas Lahan, Sudah Tahu Belum?

BACA JUGA: Angsuran Mulai 50Ribuan perhari!

Berita Terkait