Dorong Pengembangan UMKM di Indonesia, Pemerintah Berencana Buat Sentra Produksi Berbagai Jenis Usaha

Selasa, 04 Februari 2020 08:02 berita umkm Kementerian Koperasi dan UKM Menteri Koperasi dan UKM Menteri Koperasi dan UKM (Menkop), Teten Masduki Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)
Dorong Pengembangan UMKM di Indonesia, Pemerintah Berencana Buat Sentra Produksi Berbagai Jenis Usaha
Dorong Pengembangan UMKM di Indonesia, Pemerintah Berencana Buat Sentra Produksi Berbagai Jenis Usaha

Foto: Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki (istimewa)

YUKBIZ.COM, JAKARTA-Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki menuturkan pemerintah memiliki cara untuk membuat UMKM semakin berkembang dan berkualitas.

Salah satu caranya, kata dia, dengan memusatkan produksi untuk berbagai jenis usaha yang dibuat oleh UMKM.

 

"Kami juga punya strategi juga, bagaimana kami dorong UMKM yang produksinya menyebar, sulit masuk ke sistem logistik nasional, didorong di sentra-sentra produksi berdasarkan kluster, daerah dan komoditas," kata Teten saat dikutip dari wawancara khusus dengan Kompas.com, Kamis (23/1/2020).

Teten menjelaskan, sentra produksi memudahkan pemerintah untuk memberikan pembinaan pada UMKM.

Serta membantu pemerintah untuk memperbarui mesin-mesin produksi yang digunakan oleh UMKM.

"Supaya dengan mudah pemerintah melakukan pembinaan, up grade permesinan mereka dalam konsep rumah produksi bersama sehingga UMKM tidak hanya milik UMKM itu sendiri. Izinnya, pembiayaannya, bisa terintegrasi," ungkapnya.

BACA JUGA: Dapat Hadiah Umroh dari YLPI Berkat Torehan Sejumlah Prestasi, Rektor UIR: Ini Motivasi Untuk Bekerja Lebih Keras Lagi

Dia mencontohkan produk furniture yang sudah mulai tersentralisasi. Menurutnya saat ini produksi furniture terpusat di Jawa Tengah seperti Kendal, Sukoharjo, Solo, Jepara, Yogyakarta.

"Sehingga di situ kita bisa lakukan upgrading permesinan alat produksi, bahan baku, kayunya standard industri," ujarnya.

"Nah kita bisa bikin rumah produksi bersama untuk kayunya sehingga kayu-kayu yang diolah UMKM di workshop mereka yang menyebar, standardnya sudah sama dengan industri," sambungnya.

Selain furniture, saat ini juga sudah ada sentra produksi rendang di Padang, Sumatera Barat.

Berita Terkait