Cek Statistik Yamaha di MotoGP Belanda, Ternyata Tak Terbendung

Kamis, 23 Juni 2022 03:36 MotoGP Yamaha MotoGP 2022 motor sport Yamaha
Cek Statistik Yamaha di MotoGP Belanda, Ternyata Tak Terbendung
Cek Statistik Yamaha di MotoGP Belanda, Ternyata Tak Terbendung

ILUSTRASI Pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo memacu kecepatan sepeda motornya pada hari terakhir tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (13/2/2022). (ANTARA FOTO/Andika Wahyu/foc)

YUKBIZ.COM - Tim pabrikan Yamaha membuktikan diri masih menjadi penguasa MotoGP Belanda di Sirkuit Assen. MotoGP Belanda akhir pekan ini akan menggulirkan balapan di Sirkuit Assen, Minggu (26/6/2022).

Berkaca dari musim lalu, dua pembalap Yamaha menguasai jalannya balapan MotoGP Belanda. Fabio Quartararo dan Maverick Vinales menduduki podium pertama dan kedua. 

Mereka mengungguli pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, di urutan ketiga. 

Sirkuit Assen merupakan satu-satunya tempat yang rutin mengadakan grand prix setiap tahun sejak Kejuaraan Dunia pada 1949 hingga 2019.

Hanya sekali tidak ada balapan MotoGP yakni pada 2020 karena alasan pandemi Covid-19. 

Balapan pada akhir pekan ini akan menjadi agenda ke-71 MotoGP Belanda.

Lintasan saat ini telah digunakan sejak 2006 dengan sejumlah modifikasi ringan. 

Pada 2016 balapan di Sirkuit Assen digelar pada Minggu untuk pertama kalinya setelah pada tahun-tahun sebelumnya berlangsung Sabtu. 

Balapan 500cc pada 1975 merupakan satu-satunya balapan Grand Prix kelas premier di mana dua pembalap pertama yang melintasi finis mendapatkan catatan waktu yang sama. 

Kala itu Barry Sheene dan Giacomo Agostini menyelesaikan balapan dengan sangat ketat. 

Catatan waktu saat itu, yang masih menggunakan jam manual dengan tingkat akurasi hingga 0,1 detik, tidak dapat menentukan siapa yang finis pertama. 

Memasuki era baru, tim Yamaha menjadi penguasa Sirkuit Assen. Kemenangan terakhir Yamaha dipersembahkan oleh Fabio Quartararo pada 2021. 

Berita Terkait