Ayuk Ikuti Ajakan Menperin: Setiap Rp 1 Belanja Produk Lokal Sumbang Perekonomian Nasional Rp 2,2

Jum'at, 07 Oktober 2022 10:37 Agus Gumiwang Kartasasmita Menteri Perindustrian produk-produk dalam negeri Produk Lokal berita viral
Ayuk Ikuti Ajakan Menperin: Setiap Rp 1 Belanja Produk Lokal Sumbang Perekonomian Nasional Rp 2,2
Ayuk Ikuti Ajakan Menperin: Setiap Rp 1 Belanja Produk Lokal Sumbang Perekonomian Nasional Rp 2,2

Foto Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. (Humas Kemenperin)

 

YUKBIZ.COM, JAKARTA – Cintailah produk-produk dalam negeri. Kita sering mendengar ajakan tersebut. Kaau kita mau mengikutinya maka akan sangat banyak membantu industri dalam negeri.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, penggunaan produk dalam negeri dapat memberikan dampak yang luas bagi perekonomian nasional.

Percepatan upaya ini membutuhkan komitmen dan dukungan dari seluruh pihak, yang bertujuan untuk mewujudkan kemandirian bangsa.

BACA JUGA:

Jualan via Online Yuk. Ini "Social Commerce" yang Bisa Dimanfaatkan UMKM

KemenKopUKM Terima Dokumen SNI 098:2022 Minyak Makan Merah dari BSN. Siap Produksi

“Setiap Rp 1 belanja produk dalam negeri bisa menyumbang perekonomian nasional sebesar Rp 2,2,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita pada acara Business Matching Tahap IV: Percepatan Realisasi Belanja Produk Dalam Negeri oleh Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, dan BUMN di Nusa Dua, Bali seperti yang dikutip Kompas.com lewat siaran resminya, Kamis (6/10/2022).

Lebih lanjut dia membeberkan, berdasarkan hasil kajian kerja sama antara Indef dengan Kemenperin pada September 2022 terkait simulasi model Computable General Equilibrium (CGE), menunjukkan peningkatan PDB sebesar 0,94 persen atau setara dengan nilai Rp 159,25 triliun.

Bila terdapat transaksi produk dalam negeri (PDN) senilai Rp 76 triliun, Agus bilang, berarti perbandingan antara nilai transaksi belanja PDN dalam pengadaan pemerintah dengan manfaat ekonomi adalah Rp 72,6 triliun banding Rp 159,52 triliun.

Besarnya dampak yang muncul dari penggunaan produk dalam negeri tersebut tentu tidak bisa dianggap main-main.

Hal ini terjadi karena belanja produk dalam negeri menciptakan backward linkage dan forward linkage.

Berita Terkait